Tuban; Tuak dan Kebudayaan


Malang-Tuban, mari wujudkan budaya yang berperadaban.
Tuban dikenal sebagai Kota Para Wali, Selain wisata religi untuk umat muslim, di Tuban juga terdapat wisata religi untuk pemeluk agama lain yaitu Klenteng Kwan Sing Bio (lentengu, Budha dan Tao), tidak kala menarik di Tuban ada sejenis minuman "Tuak" namanx yang diproduksi Alami oleh masyarakat setempat.

Bicara tuak yang terlintas di kepala kemungkinan besar berhubungan dengan halal haram, itu bukan tradisi Nabi Muhammad SAW, tapi bukan itu dengan tuak bagaimana masyarakat yang majemuk tersebut bisa terhimpun, mungkin hanya sekedar ngobrol bareng, mengisi waktu luang dan meringankan suatu pekerjaan.

Sebagian kebiasaan itulah yang membentuk masyarakat yang berperadaban, masyarakat yang beradab ini merupakan Nilai yang mana bisa menopang hidup dan budayanya. Hidup tanpa budaya ini tidak akan mungkin terjadi, karena bagaimana mungkin masyarakat bisa dihimpun.! Maka mari merawat tradisi agar masyarakat tersebut punya nilai-nilai leluhur yang bisa diwariskan, ada identitas. Berbeda lagi jika merawat tradisi dianggap menolak perkembangan dan kemajuan manusia.

Yang terakhir bagaimana kita berbudaya yang ada keterkaitan/punya nilai Religius (Islam), ya mencontohkan kehidupan para Wali Songo (khusus yg punya wali), ini Nilai (risalah) kenabian yang masih terpelihara hingga sekarang.

#ItuAjaTerimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

25 GOMBALAN Ala FILSUF

Postmodern dan kecanggihan visi misi

44 Indikator Kemunduran HMI

Mengapa harus Filsafat Islam

Biografi lengkap 25 Nabi dan Rasul