Pesan Hari Qurban


Selamat datang adik-adik calon Mahasiswa di kampus pilihanmu, siapkan uang sebanyak mungkin, kuliah butuh biaya yang lebih. Entah apa di Universitas negeri maupun Swasta kini berlomba-lomba mengadakan Test seleksi masuk, ah dikemanakan uangnya jika dirimu tak terseleksi. Pasti pihak universitas dengan berbagai dalil mengatakan uang tersebut digunakan untuk menyewa ruangan dan yang mendaftar sangat banyak sehingga kita butuh hanya sebagian ataupun yang mencapai standar minimal, standar apa yang mereka gunakan entahlah, kaum Birokrat Kampus lebih lihai dalam hal ini.

Kuliah merupakan bentuk tranformasi pengetahuan dari tenaga pendidik ke peserta didik dan mahasiswa ialah label tertinggi di kalangan terpelajar, bersyukurlah kalian bisa menikmati bangku Kampus, diluar sana ada 10,000 orang yang putus sekolah dan kepengen kuliah tapi terbentur dengan masalah ekonomi, kesehatan adapula yang enggan kuliah karena merasa kuliah ialah pendidikan yang memakan waktu lama dan membosankan, mungkin ini alasan pribadi.

Berqurban di hari Adha tidak lain bahkan tidak asing lagi pasti rujukannya ke seorang Visioner sejati nabiyullah Ibrahim beserta keluarga, refleksi singkat ini mengajarkan kita pada kepemilikan, pesan keumatan dan ketundukan kita hanya pada yang maha MUTLAK karena yang bernyawa pasti mati, bermateri hanya sementara. Begitupula dengan kuliah, kita diajarkan berpendidikan itu sejak buaian sampai ke liang lahat. Dalam perjalanan banyak sekali lembaga pendidikan yang kita temui, tapi bukan itu hikmah yang diambil dari Pendidikan ialah mengaktifkan imajinasi, mengasah Nalar atau memfungsikan Akal agar tidak tepenjara oleh teks/dogma agama dan Akallah yang membunyikan teks.

Pesannya ialah selamat berpisah dengan Orang Tua, meninggalkan kampung halaman mari mengenal lebih luas Suku, ras dan warna di Indonesia yang beragam, mari wujudkan toleransi dan kukuhkan keBHINEKAan. Dipundakmu ada pulau Indonesia dan dimatamu Indonesia mau dibawakan kemana.

#ItuAjaTerimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

25 GOMBALAN Ala FILSUF

Postmodern dan kecanggihan visi misi

44 Indikator Kemunduran HMI

Mengapa harus Filsafat Islam

Biografi lengkap 25 Nabi dan Rasul