Tuhan hanya Satu


Karena Tuhan tidak diatur dan dibatasi oleh sebab, maka Dia Tak Terbatasi, yang tak terbatasi pasti tidak perlu menyempurna, karena itu Tuhan pasti Sempurna Mutlak.

Kesempurnaan Mutlak berarti Dia tidak berubah dan tidak tergantung pada apapun. Karena itu Dia pasti tak terbagi dan tidak terdiri dari susunan.

Karena jika terbagi atau berbilang, maka bagian yang satu membutuhkan bagian yang lain untuk menyempurna, artinya ia tidak sempurna mutlak.

Dia juga pasti tidak terdiri dari susunan seperti keyakinan antropomorphis atau mutajassimah, yang meyakini Tuhan punya mata, telinga, tangan dll. Karena jika bersusun seperti itu, maka Dia tersusun dari hal-hal yang tidak sempurna. Sehebat apapun mata, ia tidaklah sempurna karena ia hanya bisa digunakan untuk melihat, tidak bisa digunakan untuk mendengar, berjalan dll, begitu juga dengan telinga, tangan dsb.

Sesuatu yang tersusun dari hal-hal yang tidak sempurna pastilah tidak sempurna, karena bagian yang satu membutuhkan bagian yang lain.

Karena itu Tuhan pastilah Tunggal Mutlak tidak terbagi dan tidak bersusun, juga tidak terpisah antara Dzat dan SifatNya.
Itu aja, terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

25 GOMBALAN Ala FILSUF

Postmodern dan kecanggihan visi misi

44 Indikator Kemunduran HMI

Mengapa harus Filsafat Islam

Biografi lengkap 25 Nabi dan Rasul