Epistemologi 2


Konsepsi itu dari mana.? Kita mulai dengan membahas konsepsi-konsepsi manusia, dengan memusatkan perhatian pada sebab-sebab dan sumber-sumbernya. Hasil cerapan data indrawi menjadi pokok atau primer bagi konsepsi atau pengetahuan-pengetahuan sederhana. Di dalam konsepsi sendiri, yang terdapat pada pikiran manusia, ada beberapa hal yaitu:

1. Pengertian pengertian konseptual sederhana.
Misal;
Makna wujud, unitas, panas, putih, dan konsepsi tunggal lainnya

2. Pengertian pengertian konseptual majemuk, yaitu konsepsi yang merupakan hasil kombinasi antara konsepsi konsepsi sederhana.
Misal;
Konsep sederhana pesawat dan konsep sederhana tempur, sehingga muncul konsep ketiga yaitu "pesawat tempur. Contoh lain yaitu gunung emas, batu mulia, kipas angin, sepeda motor, dll

3. Konsep ketiga, yang pada dasarnya merupakan kombinasi dari dua konsepsi sederhana atau lebih. Semua konsepi majemuk itu dapat disusutkan menjadi unit unit konseptual sederhana.

Permasalahannya yang kita coba hadapi dan kita selesaiakan adalah dari mana sumber hakiki konsepsi (pengetahuan) tersebut dan konsepsi-konsepsi sederhana itu dalam persepsi manusia.?

Setidaknya ada 4 teori yang coba pernah diajukan oleh pakar dan filosof, yaitu:

1. Teori ide ala Plato
2. Teori rasional ala Rene D dan Kant
3. Teori empirikal ala Marx, J Lock, Barkeley, dan Hume
4. Teori islam (disposesi)


*Sumber Grup wa Dialog agama dan filsafat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

25 GOMBALAN Ala FILSUF

Postmodern dan kecanggihan visi misi

44 Indikator Kemunduran HMI

Mengapa harus Filsafat Islam

Biografi lengkap 25 Nabi dan Rasul